Kalau pada tulisan sebelumnya kita uraikan bagaima menikah itu mengayakan maka pada kesempatan kali ini kita akan coba telusuri ternyata pernikahan juga menyehatkan. Mungkin ini adalah salah satu dari kebaikan yang didapat dari pernikahan. Karena pernikahan adalah ibadah yang telah Allah dan Rasulnya tuntunkan tentu akan selalu ada manfaat dan kebaikan dalam setiap proses menjalaninya.

Berikut adalah 6 manfaat pernikahan bagi kesehatan.

1.  Menikah mengurangi stress

Saat masih sendiri segala hal dilakukan dan dipikirkan sendiri termasuk masalah-masalah kehidupan yang dihadapi. Namun setelah menikah tentu akan ada pasangan yang akan jadi pendengar terbaik serta dengan tulus ikhlas akan memberikan bantuannya untuk membantu setaip persoalan hidup yang kita hadapi. Perhatian, dukungan serta keberadaan pasangan yang selalu membersamai kita saat menghadapi berbagai persoalan hidup inilah yang akan mengurangi tingkat stress dan juga depresi.

2. Menikah membantu seseorang terbebas dari rokok dan alkohol

Menurut penelitian yang digagas oleh Centers for disease control and prevention menyebutkan bahwa orang yang tidak pernah menikah, bercerai atau janda lebih banyak yang kecanduan rokok serta menjadi peminum alkohol berlebihan jika dibandingkan dengan pasangan yang telah menikah.

Orang yang belum menikah serta jauh dari nilai agama biasanya menjadikan alkohol dan rokok sebagai tempat pelarian baginya saat ada masalah. Selain itu orang yang sudah menikah khususnya laki-laki tentu akan selalu diingatkan oleh pasangannya untuk mengurangi bahkan menghindari rokok ataupun alkohol

3. Menikah menyehatkan jantung

Dr. Ron Waksman dari MedStar Washington Hospital Center menyebutkan “Pasien penyakit jantung butuh banyak dukungan. Jika tidak memiliki seseorang yang merawatmu maka perawatan yang kamu dapatkan juga semakin berkurang.” Dan dengan pernikahan tentu seseorang yang awalnya menderita jantung akan didampingi oleh pasangannya dengan setia untuk merawat, mendoakan serta memberikan dukungan agar selalu yakin akan kesembuhannya.

4. Menikah menambah panjang usia

The American Journal of Epidemiology merilis berbagai data hasil dari 90 penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Louisville. Ternyata lelaki lajang memiliki resiko kematian 32% lebih tinggi dibanding lelaki yang sudah menikah. Selain itu Dr. Ilene Siegler dan timnya dari Duke University Medical Center menemukan bahwa orang yang tidak pernah menikah lebih mungkin meninggal di usia 40-an dibandingkan mereka yang telah menikah.

Memang ajal dan kehidupan telah Allah tetapkan jauh-jauh dari bahkan sebelum kita lahir kedunia, namun itu semua masih Allah rahasiakan artinya kita memiliki kesempatan untuk melakukan usaha-usaha yang masih dalam kemampuan kuasa diri kita seperti menjaga kesehatan tubuh dan juga menyegerakan menikah.

5. Menikah mengurangi resiko stroke

Sebuah studi yang dilakukan oleh Tel Aviv University juga menunjukkan pernikahan bahagia bisa membantu mencegah stroke fatal pada laki-laki. Ternyata laki-laki yang tidak menikah memiliki resiko 64% lebih tinggi terkena stroke fatal dibandingkan dengan laki-laki yang menikah.

Analisa dari penelitian ini adalah terkait dari penyebab penyakit stroke, selama ini penyebab utama dari stroke adalah pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Laki-laki yang belum menikah tentu tidak ada yang menyiapkan makanan sehingga lebih cenderung untuk memilih makan diluar yang notabenenya tidak sehat seperti junk food, fast food dan sejenisnya. Saat telah menikah, ia memiliki istri yang menyiapkan makanan serta selalu mengingatkan untuk menjaga pola makannya agar sehat dan teratur.

6. Menikah menjadikan awet muda

Saat melakukan hubungan seks hormon endorphin dilepaskan. Hormon inilah yang memberikan rasa nyaman, bahagia, dan sekaligus berperan sebagai pereda nyeri alami. Hormon ini juga memberi ketenangan, merasa lebih damai dan membuat tidur lebih nyenyak.

Perempuan yang rutin melakukan hubungan intim dengan suami akan memiliki kulit yang lebih bersih, lebih basah serta mengurangi berbagai gangguan pada wajah seperti jerawat.

Ingin hidup lebih sehat ? Tentu menikahlah jawabannya.

Sumber foto : Pexels.com | referensi data hasil penelitian tulisan diatas : Buku Wonderful Journey Cahyadi Takariawan